tips berjualan di tokopedia

Tips Berjualan di Tokopedia Agar Dilirik Banyak Orang

Bagi kamu yangbaru mulai jualan di aplikasi Tokopedia ataupun yang sudah berjualan di Tokopedia tapi produk kamu sepi pembeli, kamu wajib baca artikel ini. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tips berjualan di Tokopedia. Simak sampai selesai yaa.

Apa Itu Tokopedia?

Tokopedia merupakan salah satu marketplace online lokal yang sangat populer. Menjadi pembeli ataupun penjual di tokopedia tak beda untungnya. Bagi pembeli, berbelanja di tokopedia akan lebih aman karena fitur escrow atau rekening bersama. Dan sebaliknya, bagi penjual akan sangat terbantu karena fitur di tokopedia sangat lengkap mulai dari inventori sampai ke promosi.

Berjualan di online marketplace seperti tokopedia merupakan salah satu peluang bisnis yang masih prospektif. Kita bisa berjualan dengan memanfaatkan marketplace ini untuk menjangkau pelanggan dengan seluas-luasnya. Selain itu, untuk berjualan di tokopedia kita tidak perlu memikirkan pembayaran alias gratis (meski ada biaya jika anda ingin upgrade ke gold member).

Kemudahan juga didapatkan para customer melewati promo yang diberikan oleh Tokopedia. Tak heran lagi kalau e-commerce yang telah merger dengan Gojek ini menjadi e-commerce terpopuler kuartal II tahun 2021. Berdasarkan data yang ditayangkan oleh databoks, diketahui bahwa jumlah pengunjung web bulanan Tokopedia ini meningkat 9,4% dibandingkan dengan kuartal yang sebelumnya. Meski demikian, peringkat Tokopedia di App Store dan Google Play Store masih kalah dibandingkan kompetitornya, Shopee.

Fitur dasar yang ditawarkan di aplikasi ini juga sangat mempermudah kita untuk mengorganisir barang, menjadwalkan pengiriman, hingga mempromosikan produk. Nah, bagi kamu yang belum berjualan di tokopedia, kenapa nggak segera mencoba membuka toko di tokped (tokopedia -red). Untuk berjualan di tokopedia ini pun mudah banget kok, kamu hanya perlu mendaftar akun tokopedia dan membuka toko. Kalau kamu ingin lebih jelas, berikut ini tips berjualan di Tokopedia.

Tips Berjualan di Tokopedia Agar Dilirik Banyak Orang

1. Identitas Seller yang Jelas

Membuat nama toko dan foto yang anonim ketika berjualan di tokopedia jangan sampai di lakukan. Apalagi kalau toko milik kamu masih baru, calon pembeli pasti akan merasa ragu membeli barang disana. Unsur penting dalam berjualan yaitu kepercayaan, jika kamu gagal memberi kepercayaan kepada konsumen, bukan tidak mungkin produk di toko kamu tidak akan laris. Pakai nama kamu atau nama apa saja yang dirasa tidak aneh dan terlihat profesional.

2. Membuat Catatan Toko

Berbeda dengan deskripsi toko, catatan toko lebih detail dan lebih informatif. Catatan toko ini menginformasikan bahwa toko yang kamu punya menyajikan informasi yang jelas dan detail. Yang artinya, toko kamu bukan toko yang bodong, semuanya terjamin aman dan perlihatkan bagaimana cara pemesanan.

Beberapa catatan yang biasanya sering para penjual cantumkan di Tokopedia antara lain :

  1. Kebijakan Pengembalian Produk
  2. Ketentuan Same Day Delivery
  3. Cara Mendapatkan Free Bubble Wrap atau Box

3. Jasa Pengiriman yang Bervariasi Juga Tips Berjualan di Tokopedia Agar Dilirik Banyak Orang

Tips berjualan di Tokopedia yang selanjutnya yaitu menyediakan jasa pengiriman yang beragam. Pembeli biasanya akan memilih toko yang mempunyai banyak pilihan untuk jasa ekspedisi/pengiriman. Ada beberapa pertimbangan seorang pembeli dalam memilih jenis pengiriman. Ada yang memilih karena harganya relatif murah dan ada juga yang memilih karena pengirimannya cepat. Bukannya lebih baik jika kamu menyediakan semuanya?

4. Berani Kasih Harga Lebih Murah

Tips berjualan di Tokopedia agar dilirik banyak orang yang berikutnya adalah menjual produk sedikit lebih murah. Hal ini untuk toko yang belum pernah ada transaksi dan tidak memiliki brand yang begitu kuat. Karena rahasia umum perang harga selalu berada di tokopedia. Misalnya rata- rata celana jeans dijual seharga Rp 130.000, kamu bisa menjual dengan harga Rp 128.000. Selisihnya hanya sebesar dua ribu rupiah. Namun hal ini sudah berhasil membuat calon pembeli memilih produk yang kamu punya.

5. Fast Response dengan Costumer Juga Tips Berjualan di Tokopedia Agar Dilirik Banyak Orang

Lebih pilih yang mana, murah dan respon lama atau mahal dan fast respon? Kebanyakan pembeli lebih memilih yang harganya sedikit lebih mahal namun fast respon.

Fast response akan membuat calon pembeli yakin bahwa penjual ramah dengan calon pembeli. Calon pembeli akan merasa senang dan yakin saat pesanan mereka mendapatkan balasan yang cepat. Inilah alasan yang cukup kuat untuk membuat mereka membeli dari toko milkmu.

6. Gunakan Tokopedia Seller

Setiap seller tokopedia harus menginstall aplikasi ini. Tips menjadi penjual di Tokopedia ini bermanfaat untuk menjawab chat pembeli dengan cepat atau mengupdate toko dengan mudah.

Selain untuk mengelola toko di tokopedia, manfaat dari aplikasi seller Tokopedia yang lainnya adalah :

  • Melihat dashboard analitik penjualan
  • Membuat dan mengelola voucher seperti voucher cashback
  • Membuat promo free ongkir yang bertujuan untuk menarik lebih banyak calon pembeli

7. Bergabung Gold Merchant Tokopedia

Tips berjualan di Tokopedia berikutnya adalah bergabung dengan gold merchant. Fitur yang satu ini memungkinkan toko kamu bisa tampil beda dan lebih meyakinkan. Penyebabnya, kamu akan menerima badge ‘Gold Merchant’ yang berwarna kuning.

Tidak hanya sekedar badge saja, karena hal ini berarti kamu mendapatkan beberapa fasilitas seller premium. Diantaranya yaitu :

Bisa menambahkan orang lain selain kamu menjadi admin
Menempel cover toko
Memperbanyak batasan jumlah etalase
Bisa menampilkan catatan toko yang berada di samping produk yang ada
Menjual produk yang sedang unggul

8. Melakukan Promosi Produk

Setelah membuka toko dan mengunggah barang jualan, cara menjual barang di tokopedia selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah lakukan promosi. Kamu bisa memanfaatkan sosial media untuk menarik minat para pembeli, berikut ini tipsnya:

  • Promosi murah dan mudah di media sosial. Bagikan produk dan ulasan dari pembeli ke media sosial kamu untuk menarik lebih banyak pengunjung toko.
  • Buat promosi unik gunakan promo Beli 1 Gratis 1, harga spesial untuk pembelian pertama di toko ini, atau promo cashback.
  • Manfaatkan fitur gratis dari Tokopedia. Coba pakai fitur Voucher Toko untuk memberikan berbagai promo ke pembeli kamu.
  • Kamu juga bisa mempromosikan produk kamu dengan “Buat Post” di fitur Feed.

9. Memberikan Informasi Produk Yang Jelas

Pembeli selalu menginginkan toko dengan produk yang deskripsinya jelas dan selalu menjawab apa yang dibutuhkan mereka. Hal ini juga bisa menjadikan pembeda toko kamu dengan kompetitor yang memiliki produk serupa denganmu.

Informasi produk yang jelas ini langsung berhubungan dengan SEO Marketplace. Dengan informasi produk yang sesuai dengan panduan SEO Marketplace, maka produk yang kamu jual berpotensi dilirik oleh lebih banyak calon pembeli di Tokopedia.

10. Memanfaatkan Fitur Promote Satu Jam Sekali

Tips berjualan di Tokopedia agar dilirik banyak orang yang terakhir yaitu Memanfaatkan Fitur Promote Satu Jam Sekali. Keunggulan berjualan di Tokopedia adalah kamu bisa mempromosikan produk secara gratis, tanpa biaya sedikitpun. Untuk menggunakan fitur promote ini, pilihlah satu produk yang ingin kamu promosikan, lalu klik ‘Promosikan Produk Ini’.

Dengan fitur yang gratis ini, produk yang kamu jual mempunyai kesempatan untuk tampil di halaman depan dan mendapatkan promosi gratis dari pihak Tokopedia.

 

Nah gimana nih, udah ada gambaran belum tips berjualan di Tokopedia di atas tadi? Sekarang tugas kalian hanya tinggal mencatat dan menerapkan untuk mengembangkan bisnis kamu. Selamat mencoba!