geplak betawi

Yuk Kepoin Resep Geplak Khas Betawi! Penasaran Kaaaan????

Yuk Kepoin resep geplak khas Betawi berikut ini. Makanan manis yang terkenal di Kota Pelajar ini juga banyak dimiliki oleh daerah lain di Indonesia. Hanya saja  terdapat perbedaan dari segi bahan pembuatannya.

Geplak adalah . . .

Apa sih Geplak itu? Seperti apa bentuknya? Bagaimana rasanya? Geplak adalah salah satu makanan manis yang khas dari Kota Bantul, Jogjakarta. Kue ini memiliki tekstur kasar yang berbentuk bulatan – bulatan dan terbuat dari buah kelapa yang disajikan dengan rasa manis.

Komposisi yang digunakan untuk membuat geplak terbilang sederhana, namun makanan ini memiliki tampilan yang bisa dikatakan sangat menarik perhatian.

Sejak pertama kali kemunculannya geplak hanya berwarna putih dan kelam, namun seiring dengan perkembangan jaman, olahan geplak tersebut mulai dimodifikasi dengan warna dan aroma yang bermacam-macam sehingga lebih menarik pembeli untuk mencicipinya.

Proses pembuatan geplak yang secara turun temurun dari generasi terdahulu ini menggunakan bahan – bahan seperti  campuran dari tepung beras, parutan kelapa serta dari air gula. Geplak Jogja umumnya identik dengan warna yang beraneka ragam, namun ada juga geplak yang hanya memiliki 1 (satu) warna saja.

 

Baca juga : Yuk Kepoin! Cara Membuat Pastel Basah yang Enak Banget!

 

Ragam Geplak

Beberapa daerah lain juga memiliki makanan yang hamper sama namun menggunakan komposisi bahan pembuatan geplak yang berbeda dengan di daerah Jogja, misalnya dimasak dengan menggunakan bahan waluh bahkan menggunakan ketan.

Selain nama dan bahan yang digunakan bermacam – macam, ada juga geplak yang di buat menggunakan gula merah atau gula jawa. Geplak jenis ini akan dicampur dengan gula jawa yang dilarutkan dan nantinya otomatis akan membuat geplak tersebut berwarna coklat.

Seperti halnya di berbagai macam daerah di Indonesia, makanan ini juga memiliki sebutan atau istilah yang lain, misalnya saja seperti daerah Betawi.

Masyarakat Betawi juga memiliki makanan yang tampak mirip seperti geplak, akan tetapi bahan pembuatannya menggunakan tambahan campuran yang berupa tepung beras serta ditambahi dengan daun jeruk purut.

Berikut ini resep cara membuat geplak gula merah yang menggunakan bahan – bahan yang dapat Anda temukan di lingkungan tempat tinggal Anda.

 

Bahan-bahan

Berikut ini bahan – bahan yang diperlukan pada resep kue geplak khas betawi sebanyak 12 porsi :

  • 1 liter beras(cuci. rendam 1 malam kemudian tiriskan dan giling)
  • Buah kelapa ½ butir (sudah dikupas dan diparut)
  • Gula pasir sebanyak ½ kg
  • Air sebanyak ½ liter
  • Garam secukupnya
  • 2 lembar daun pandan agak panjang

 

Cara Membuat

Berikut ini resep geplak khas betawi :

  1. Langkah pertama sangrai tepung beras hingga mengering dan sedikit menguning kemudian sisihkan
  2. Kemudian sangrai juga kelapa parutnya.
  3. Setelah itu panaskan air, masukkan gula, garam dan daun pandan. Tunggu sebentar, biarkan hingga larutan gula sedikit mengental tapi ingat jangan sampai kental ya.
  4. Sambil menunggu air mendidih. Campur tepung beras yang sudah di sangrai tadi bersama kelapa sangrai, aduklah hingga rata.
  5. Selanjutnya siram tepung dan kelapa dengan larutan gula panas kemudian aduk hingga rata. Siapkan pula wadah dan masukkan adonan ke dalam wadah sambil dipadatkan atau dipukul selagi panas.
  6. Langkah terakhir potong dan beri taburan sisa tepung sangrai agar kue geplak terlihat cantik dan akhirnya kue geplak khas Betawi sudah siap dihidangkan untuk menemani secangkir teh tawar hangat.

Demikian resep geplak khas Betawi. Mudahkan cara membuatnya? Walau sedikit ribet tapi wajib belajar cara membuat kue ini untuk melestarikan kue – kue tradisional. Selamat Mencoba!