Cara Untuk Mengatasi Sampah Plastik

Cara Untuk Mengatasi Sampah Plastik di Kehidupan Sehari-hari

Mungkin dari kita masih banyak yang belum tahu cara untuk mengatasi sampah plastik?.maka dari itu lakukan cara untuk mengatasi sampah plastik yang ada.berikut ini cara untuk mengatasi sampah plastik.

Cara Untuk Mengatasi Sampah Plastik

Cara Untuk Mengatasi Sampah Plastik

Tidak semua plastik dapat didaur ulang, sehingga banyak sampah plastik yang berakhir di tempat pembuangan akhir. Sampah plastik ini pun tidak dapat terurai dengan cepat dan membutuhkan waktu yang lama.Misalnya, cara untuk mengurangi sampah plastik dari kehidupan kita sehari-hari sebagai berikut:

1.Bawa Tas Belanja Sendiri Untuk Mengurangi Sampah Plastik

Cara termudah untuk pergi dengan setiap pembelian adalah membawa kantong plastik ramah lingkungan yang dapat digunakan berulang kali. Hal ini untuk menghindari penggunaan plastik sekali pakai saat berbelanja sekaligus mengurangi jumlah sampah plastik

2.Bawa Mug atau Gelas Minum Sendiri

Membeli secangkir kopi atau minuman seperti Boba kini sedang menjadi tren. Namun sayangnya, setiap konsumsi minuman tersebut berarti juga meningkatan sampah plastik, dari gelas hingga sedotan.

Salah satu caranya adalah dengan membawa gelas atau mug sendiri. Sehingga minuman yang dipesan langsung disajikan dalam gelas atau tumbler yang Anda bawa.

3.Kurangi Penggunaan Sedotan

Saat memesan minuman, Anda juga bisa memilih untuk menolak sedotan atau tidak menggunakannya jika tidak terlalu dibutuhkan. Cara sederhana ini bisa efektif mengurangi sampah plastik

4.Hindari Alat Cukur Seperti Alat Cukur Sekali Pakai

Pisau cukur sekali pakai biasanya pisau cukur dengan kepala / mata pisau yang menempel pada gagang plastik yang dibuang jika tidak tajam. Hindari pisau cukur seperti ini, karena meskipun sepele, kotoran dapat menumpuk di gagang plastik pisau cukur.

Alternatifnya adalah dengan menggunakan pisau cukur seperti pisau cukur pengaman dimana Anda cukup mengganti mata pisau atau silet atau silet.

Baca Juga:https://mesinpencacahplastik.id/cara-penanganan-limbah-plastik/

Sampah plastik yang paling umum

Sebenarnya banyak sekali sampah plastik yang mudah ditemukan atau ditemukan di sekitar kita. Tidak jarang produk plastik ini ditangani secara berbeda, karena tidak semuanya mudah didaur ulang.

Beberapa contoh produk atau jenis sampah plastik dalam kehidupan sehari-hari:

  1. Belanja kantong plastik
  2. Botol minuman plastik, dan botol plastik PET pada umumnya juga berbahaya jika terkena air panas
  3. Botol kosmetik, sampo, sabun cair
  4. Gelas plastik
  5. Sendok atau garpu plastik
  6. Sedotan plastik

Banyaknya plastik dalam setiap barang konsumen dalam kehidupan sehari-hari membuat sampah plastik menjadi hal yang tak terhindarkan. Sampah plastik yang menumpuk, tidak terurai dan tidak dapat didaur ulang, menimbulkan beberapa jenis bahaya.berikut bahaya sampah plastik.

Bahaya sampah plastik

Sampah plastik yang sulit terurai menjadi polusi dan merusak lingkungan. Tak jarang, sampah plastik menjadi salah satu alat pembunuh yang terjadi di alam bagi hewan. Tidak jarang kita melihat berita bahwa hewan laut sedang sekarat dan banyak ditemukan sampah plastik di dalam tubuhnya.

Sampah plastik juga berisiko menimbulkan penyakit dan dapat menyebabkan kanker. Misalnya, botol PET yang terkena air panas memicu reaksi kimia yang bisa berbahaya bagi tubuh manusia.

Beberapa bahaya sampah plastik adalah:

  1. Menjadi limbah beracun karena diperlukan sejumlah bahan kimia untuk membuat plastik
  2. Tertelan oleh organisme di lingkungan Organisme seperti ikan yang secara tidak sengaja menelan sampah plastik atau mikroplastik
  3. berbahaya jika dikonsumsi oleh manusia
  4. Sampah plastik dapat mengeluarkan racun atau karbon monoksida saat dibakar dan berbahaya bagi pernapasan manusia
  5. Jika bahan kimia dalam plastik meresap ke dalam tanah, plastik akan mencemari air dan tanah yang ada di sekitar.

Dari cara untuk mengatasi sampah plastik di atas dapat untuk kita lakukan di kehidupan sehari-hari kita agar sampah plastik tidak menjadi semakin banyak di lingkungan serta menjadikan diri kita sehat dan terhindar dari sampah plastik.

Apa anda tertarik juga dengan:Cara Mengatasi Pencemaran Sampah Plastik