cara membuat pupuk organik cair dari urine sapi

Cara Membuat Pupuk Organik Cair Dari Urine Sapi, Gampang Caranya !

Halo, kali ini saya akan menulis artikel yang menulis tentang tutoriral cara membuat pupuk organik cair dari urine sapi. Kita semua tahu bahwa budidaya tanaman yang baik tidak bisa lepas dari yang namanya pupuk.

Untuk pupuk sendiri ada 2, yaitu pupuk organik dan pupuk kimia. Walaupun pupuk kimia bisa memberikan unsur hara dengan kadar yang lebih tinggi di bandingkan pupuk organik. Tetapi pemakaian pupuk kimia juga memberikan dampak yang buruk bagi tanah.

Yakni, tanah akan mengeras serta kesuburan tanah berkurang, hal ini disebabkan karena penumpukan residu kimia. Ini akan menghambat pertumbuhan pada tanaman dan tentunya akan membuat produksi tanaman juga berkurang.

Oleh sebab itu, para petani kini berangsur angsur mulai tidak mebggunakan pupuk kimia dan kembali menggunakan pupuk organik.

Cara Membuat Pupuk Organik Cair Dari Urine Sapi

cara membuat pupuk organik cair dari urine sapi

Pupuk organik cair memiliki kandungan nutrisi yang tinggi serta mudah diserap oleh daun tanaman. Funsi utama dari pupuk organik cair sendiri ada 3. Yaitu, sebagai pupuk bagi tanaman, zat pengatur tumbuh kembang tanaman, serta sebagai pestisida nabati.

Pupuk cair sendiri ada bermacam macam, mulai dari kotoran sapi, ayam, dan air beras. Tetapi pada artikel ini kita membahas cara membuat pupuk organik cair yang berbahan dasar urine sapi. Berikut caranya.

1. Persiapan Alat dan Bahan

Langkah pertama yang wajib anda persiapkan dalam cara membuat pupuk organik cair adalah mempersiapkan peralatan terlebih dahulu. Karena tanpa peralatan yang memadahi maka pembuatan pupuk tidak akan berjalan dengan lancar.

  • 100 liter urine sapi, usahakan urine sudah bersih dari berbagai kotoran seperti bekas pakan dan lainnya.
  • 500 ml larutan EM-4.
  • Tetes tebu atau gula merah sebanyak 1 liter.
  • 20 liter air kelapa atau kedelai.
  • Tong dengan apasitas 100 liter / lebih.
  • Tongkat, untuk mengaduk.
  • Ember, untuk pengaktifan EM-4.
  • Jerigen.
  • Alat penyemprot.

2. Langkah Pembuatan Cara Membuat Pupuk Organik Cair Dari Urine Sapi

  1. Langkah pertama, masukan tetes tebu atau gula merah sebanyak 1 liter tadi ke dalam tong yang sudah anda persiapkan.
  2. Kedua, tambahkan bioaktivator atau larutan EM-4 sebanyak 500 ml ke dalam tong.
  3. Ketiga, masukan juga air kelapa atau kedelai dan aduk aduk hingga tercampur semua.
  4. Selanjutnya, masukan urine sapi sedikit demi sedikit ke dalam tong.
  5. Jangan lupa untuk selalu mengaduk selama proses penuangan urine ke dalam tong, supaya cepat tercampur rata.
  6. Langkah terakhir, tutup tong rapat rapat, ini dilakukan supaya fermentasi berjalan dengan sempurna.

3. Proses Fermentasi

Fermentasi merupakan proses penguraian bahan organik dengan cara biologis, yaitu oleh mikroba yang memanfaatkan bahan organik sebagai sumber energi. Proses ini berlangsung selama minggu.

Fermentasi dilakukan agar mikroba bisa merata dan menyeluruh, serta bisa menguraikan untuk proses dalam pembuatan pupuk. Hal ini dikarenakan mikroba mempunyai peran penting dalam penguraian daun menjadi pupuk.

4. Hasil dan Cara Penggunaan

Setelah 14 /15 hari fermentasi pupuk organik cair sudah siap digunakan. JIka sudah jadi, kemas pupuk dengan cara dituangkan ke dalam jerigen agar lebih mudah dalam penggunaannya.

Cara penggunaan pupuk organik cair dari urine sapi juga mudah. Yakni, tuang 250 ml pupuk kedalam tangki penyemprot kapasitas 14 liter, kemudian tambah air hingga penuh, setelah itu anda tinggal menyemprot ke tanaman yang ada di ladang maupun pekarangan rumah.

Kandungan Urine Sapi

Berdasarkan penelitian, urine sapi memiliki lebih banyak mengandung unsur kimia daripada kotoran padat sapi. Berikut kandungannya :

  • Nitrogen (N) 1% lebih tinggi dari kotoran padat.
  • Phospor 0,5% lebih tinggi dari kotoran padat.
  • Kalium (K) jauh lebih tinggi dari kotoran padat ± 1,5%.

Akan tetapi, kadar air pada urine lebih tinggi dari kotoran padat dan amoniak yang juga tinggi. Jadi, urine tidak bisa langsung digunakan dan harus diolah dulu menjadi pupuk cair fermentasi. Dan jika kita gunakan langsung untuk menyirami tanaman, maka yang akan terjadi adalah tanaman kita akan mati semua dan tidak hidup subur.

 


Itulah tutorial cara membuat pupuk organik cair dari urine sapi yang gampang dilakukan dan dengan langkah yang lengkap. Semoga dengan artikel ini, dapat membantu anda dalam mengolah urine sapi menjadi pupuk organik cair. Sampai jumpa di artikel lain.

Selamat Mencoba