cara membuat kerupuk pangsit bakso

Cara Membuat Kerupuk Pangsit Bakso Ala Rumahan

Bakso adalah makanan favorit banyak orang, terutama di musim hujan. Selain karena rasanya yang enak dan bikin nagih, ternyata banyak manfaat yang terkandung dalam sebuah atau semangkok bakso. Selain itu bakso juga bisa diolah menjadi cemilan yang unik salah satunya keripik pangsit bakso. simak artikel berikut.

Manfaat Bakso untuk Kesehatan

Kaya Protein dan Zat Besi

Protein hewani yang terkandung dalam daging sapi bermanfaat untuk memperbaiki sel tubuh yang rusak, hingga meningkatkan fungsi otak.

Sedangkan zat besi berfungsi sebagai pengikat oksigen dalam tubuh, membantu proses metabolisme, dan menjaga suhu tubuh agar tetap stabil.

Mencegah Stroke dan Diabetes

Sel-sel syaraf dalam tubuh membutuhkan banyak oksigen. Dengan mengonsumsi daging sapi secara rutin dan pengolahan yang tepat, kadar insulin bisa tercukupi, sehingga kita terhindar dari risiko diabetes.

Meningkatkan Imunitas

Gizi dan nutrisi dalam daging sapi sangat baik semua orang, terutama yang aktif berkegiatan. Sebab, bisa meningkatkan daya tahan tubuh atau sistem imun, sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Menjaga Berat Badan

Daging sapi mengandung banyak protein dan memakan daging sangat disarankan untuk program diet, karena kalori bisa terbakar oleh protein yang mampu meningkatkan metabolisme dan menahan rasa lapar.

Mempercepat Peyembuhan Luka

Protein dalam daging sapi pun bisa mempercepat penyembuhan luka. Salah satu penyebab luka infeksi paling umum adalah terhambatnya penyaluran oksigen ke jaringan yang rusak.

Kekurangan mineral dapat menunda pembentukan dan perbaikan jaringan. Mineral berperan penting dalam penyembuhan, karena berperan mendistribusikan oksigen lewat darah.

Membantu Fungsi Jantung

Dengan porsi yang tepat, daging sapi tanpa lemak sangat baik untuk kesehatan jantung. Memakan daging sapi dengan olahan yang tepat, seperti direbus atau dipanggang, dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Menjaga kesehatan kulit

Kandungan mineral dan nutrisi dalam daging sapi dapat membantu regenerasi kulit agar tidak kusam, menghilangkan noda hitam pada wajah, serta mencegah penuaan dini.

Zat antikarsinogenik dalam daging sapi juga mampu mencegah pertumbuhan kanker, termasuk kanker kulit.

Ternyata, banyak ya manfaat daging sapi bagi kesehatan tubuh. Tapi ingat, jangan berlebihan juga mengonsumsinya, karena semua yang berlebihan berakhir tidak baik.

Cara Membuat Kerupuk Pangsit Bakso

Bahan

  • 300 gram tepung terigu
  • 30 gram tepung maizena
  • 1 telur ayam dikocok lepas
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1/2 sdt penyedap rasa
  • 1/2 sdt garam halus
  • 1 batang daun bawang diiris halus
  • 1 batang daun seledri diiris halus
  • Air dan minyak goreng secukupnya
  • Bakso secukupnya

Langkah

  1. Siapkan panci atau baskom untuk mencampur semua bahan.
  2. Masukkan semua bahan kecuali air dan minyak goreng lalu diaduk hingga tercampur rata.
  3. Tuangkan air kedalam wadah sedikit demi sedikit sambil semua bahan diuleni dengan tangan hingga benar-benar kalis. (adonan bisa dikatakan kalis jika sudah tidak lengket di tangan).
  4. Jika sudah kalis adonan diletakkan di wadah datar kemudian dipipihkan menggunakan botol atau kayu.
  5. Potong adonan bentuk persegi panjang lalu dibentuk lagi sesuai selera (untuk ukurannya tergantung selera masing-masing)
  6. Setelah semua adonan terbentuk, selanjutnya panaskan minyak dengan api sedang lalu goreng kerupuk pangsit hingga matang. Biasanya kerupuk pangsit warnanya berubah kuning cerah kecoklatan jika sudah matang.
  7. Angkat dan tiriskan,
  8. Campurkan bakso dengan kerupuk pangsit
  9. Kerupuk pangsit bakso renyah dan lezat siap disajikan hangat-hangat.

Selain artikel ini, Anda juga bisa membaca: Cara Membuat Keripik Bawang yang Enak dan Sehat