cara membuat keripik tempe sagu

Cara Membuat Keripik Tempe Sagu ala Rumahan

Pada artikel kali ini saya akan memberi informasi tentang cara membuat keripik tempe sagu ala rumahan yang mudah dan praktis. Yu simak resep berikut ini.

Dalam sejarah tempe asli berasal dari Indonesia, menurut penemuan Manuskrip Kuno tanah Jawa yang menjelaskan mengenai makanan ini. Sungguh sangat membanggakan bukan ? Tempe ternyata sudah menjadi warisan asli dari nenek moyang dan turun temurun hingga saat ini dan masih menjadi salah satu tradisi kuliner bangsa Indonesia.

Keripik tempe salah satu jenis makanan yang dibuat dengan menggunakan bahan utama tempe yang digoreng tipis dan dicampur dengan bumbu rempah.

Cara Membuat Keripik Tempe Sagu

Bahan-Bahan Cara Membuat Keripik Tempe Sagu :

  • Kedelai yang sudah diberi ragi 500 gram
  • Tepung sagu 500 gram
  • Bawang putih 6 siung
  • Garam 1 sdt
  • Kaldu jamur 1 sdt
  • Air secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Keripik Tempe Sagu :

  1. Pertama-tama campurkan kedelai dan tepung sagu lalu adu rata menggunakan spatula.
  2. Setelah itu masukkan adonan tempe yang sudah tercampur dengan tepung sagu kedalam plastik hingga padat dan tusuk – tusuk plastik.
  3. Lalu diamkan selama 3 hari.
  4. Setelah 3 hari, lalu buka bungkusan tempe lalu iris tipis – tipis.
  5. Haluskan bawang putih, garam dan kaldu jamur. Tambahkan air secukupnya dan aduk rata.
  6. Celupkan tempe kedalam bumbu basah lalu goreng dalam minyak panas.
  7. Keripik tempe sagu yang sudah matang dan ditiriskan. Setelah dingin bisa disimpan dalam stoples.

Bagaimana mudah bukan untuk membuat keripik tempe sagu di rumah ? Selamat mencoba.

Baca juga : Produk hand sealer dan cara penggunaannya.

Manfaat tempe bagi kesehatan tubuh

Mudah didapat, harga murah dan rasa yang enak membuat tempe tidak lepas dari menu makanan sehari-hari bagi sebagian masyarakat.

1. Membangun dan Memperbaiki Sel Tubuh

Kandungan protein yang terdapat pada tempe menurut penelitian setara dengan yang terdapat didalam daging. Protein nabati yang berasal dari tempe juga bisa membantu menurunkan resiko terkena penyakit diabetes, jantung dan bisa menjaga berat badan.

2. Menurunkan Resiko Osteoporosis

Manfaat kalsium dan fosfor yang terdapat dalam tempe sangat berperan penting bagi pertumbuhan tulang dan gigi, terutama untuk anak-anak. Konsumsi tempe kurang dari 100 gram tempe dalam sehari bisa memenuhi 15% kebutuhan kalsium dan 65% kebutuhan fosfor harian pada anak usia 7 – 9 tahun.

3. Mencegah Anemia

Salah satu kandungan terpenting yang ada di tempe sangat bermanfaat bagi tubuh untuk mencegah anemia ( kurang darah ) adalah vitamin B12. Vitamin B12 yang terkandung pada tempe berfungsi untuk membantu tubuh dalam memproduksi sel darah merah lebih banyak.

4. Menangkal Reaksi Radikal Bebas

Tak hanya mengandung nutrisi yang bisa memenuhi kebutuhan tubuh dalam sehari-hari, tempe juga mengandung zat antioksidan yang berbentuk isoflavon dan zat ini sangat dibutuhkan tubuh untuk menghentikan reaksi pembentukan radikal bebas yang masuk dalam tubuh.

Salah satu efek radikal bebas yang bisa langsung dirasakan oleh tubuh adalah penuaan dini. Untuk menghambat terjadinya kondisi ini bisa dilakukan dengan cara  mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan seperti tempe. Dalam satu porsi tempe yang anda konsumsi, bisa mengandung sekitar 10 Р38 miligram isoflavon yang mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Tempe memiliki kandungan kurang lebih dari 20,8 gram protein dalam setiap 100 gram porsinya, tempe tidak hanya memiliki manfaat vegan dan vegetarian. Kandungan protein ini sangat cocok untuk anda yang sedang berupaya untuk menurunkan berat badan, terutama saat menjalani diet tinggi dengan protein.

Peneliti juga menunjukkan jika diet kaya protein bisa merangsang Thermogenesis, yang bisa membantu tubuh membakar lebih banyak lagi kalori setelah mengkonsumsi makanan.