budidaya kambing etawa senduro

Budidaya Kambing Etawa Senduro Agar Cepat Sukses !

Halo, kali ini saya akan menulis artikel yang membahas tentang cara beternak / budidaya kambing etawa senduro yang mudah dilakukan untuk pemula.  Pernahkah kalian beternak kambing etawa senduro ? Jika belum, maka di artikel ini kita akan membahas tenatang cara budidaya kambing etawa senduro.

Mungkin, bagi kalian yang notabenenya sebagai peternak kambing etawa profesional tentunya sudah tahu tata cara beternak / budidaya kambing etawa dengan baik dan benar. Kambing etawa senduro salah satunya, Kambing etawa senduro adalah kambing ras unggulan sebagai kambing pedaging maupun perah.

Memulai usaha pada bidang peternakan merupakan salah satu cara yang tepat dalam meraup keuntungan yang banyak. Hal ini karena permintaan pasar dan industri kuliner makin hari makin meningkat. Namun, saat ini masyarakat beternak kambing hanya untuk kerja sampingan dan tidak benar benar serius membudidayakannya.

Padahal, kebutuhan daging maupun susu dari tahun ke tahun terus meningkat dan tidak sebanding dengan jumlah peternak yang ada di Indonesia. Nah, ini merupakan peluang bagi anda yang ingin mencoba peruntungan di bidang peternakan kambing etawa. Eits,tapi sebelum itu kita akan membahas dahulu tentang kambing etawa senduro.

Mengenal Kambing Etawa Senduro

Pada awalnya Presiden Sukarno membawa kambing Jamnapari atau yang kita kenal dengan kambing etawa dari India ke Indonesia. Hanya untuk keperluan pengembangan kawin silang pada tahun 1947.

Hewan ternak kambing jenis ini disilangkan dengan kambing lokal dari Lumajang (Kambing Menggolo). Kambing Menggolo memiliki ukuran lebih besar dari kambing kacang. Hasil dari persilangan ini di sebut dengan Kambing Etawa Ras Senduro.

Di beri nama kambing etawa senduro karena merupakan hasil pengembangbiakan ternak yang berasal dari Lumajang, Jawa Timur. Tepatnya berada di kecamatan Senduro, kawasan dekat dengan lereng gunung Merapi. Nama Senduro di dapatkan tidak terlepas dari peristiwa bencana alam gunung berapi yang melanda di Desa Lumajang.

Pada saat itu telah terjadi keajaiban di mana semua para peternak kambing etawa selamat. Lalu pada akhirnya kambing ini mendapatkan tempat di hati masyarakat dan masih terus di budidayakan hingga sekarang. Ciri khusus yang paling menonjol adalah terdapat bulu berwarna putih penuh yang ada pada seluruh bagian kepala dan kaki.

Budidaya Kambing Etawa Senduro

budidaya kambing etawa senduro

1. Pemilihan Bibit

Pada tahap awal yang harus anda perhatikan ketika budidaya kambing etawa adalah dalam pemilihan bibit dengan kualitas yang terbaik. Dalam hal ini, anda dalam pembelian bibit ada baiknya membeli ke kelompok atau para peternak kambing  yang sudah terpercaya, dan memiliki indukan atau anakan kambing yang berkualitas super.
Kambing etawa yang bagus untuk dijadikan induk pejantan adalah yang mempunyai postur punggung yang lurus, besar, kaki kokoh,sehat maupun tidak cacat fisik, serta sudah berumur lebih dari 1,5 tahun.
Sedangkan kambing indukan betina yang bagus memiliki ciri berkaki lurus, bentuk tubuh proporsioal, bersikap jinak, mempunyai jumlah puting ada dua dan jika diraba terasa kenyal, serta sehat.

2. Perkandangan

Untuk melakukan usaha ternak kambing etawa ada satu persyaratan wajib yang perlu anda ketahui dan pertimbangkan yaitu lingkungan. lokasi kandang peternakan sebaiknya jauh dari area perumahan, serta peternakan kambing memutuhkan sirkulasi udara yang cukup dan matahari.
Ada beberapa hal penting yang harus di perhatikan dalam membangun dan lokasi kandang, di antaranya :
  • Jarak kandang dengan rumah minimal 10 m (jauh dari pemukiman warga).
  • Kandang di bangun dengan desain pangggung / modern (minimal 0,5 m) agar terhindar dari genangan air dan memudahkan dalam mengambil kotoran.
  • Beri terpal di bawah kandang untuk mempermudah dalam pengambilan kotoran.
  • Tempat wadah pakan setinggi bahu kambing.
  • Pisahkan antara kambing jantan dan betina, kecuali jika mau di kawinkan.
  • Mendapatkan cukup sinar matahari.
  • Melindungi dari tiupan angin langsung (terutama pada malam hari).
  • Panjang kandang antara 100-120 cm dan lebar 125-150 cm.

3. Pakan Dalam Budidaya Kambing Etawa Senduro

Pakan ternak kambing terbagi menjadi dua yaitu pakan hijauan (berupa dedauan / rerumputan) dan pakan tambahan (berupa konsentrat), serta ada tambahan lainnya yaitu silase yang merupakan pakan fermentasi dari rumput.

Beri pakan tambahan bernutrisi dengan mencampurkan konsentrat dan bekatul dengan perbandingan 3:1, mudahnya bekatul 50%, bungkil kelapa 25%, dan bugkil kacang kacangan 25%. Pakan di berkan sebanyak 2 kali yaitu pada pagi hari dan sore.

Untuk hijauan adalah makanan pokok contohnya daun nangka, mahoni, rumpur odot, dan lainnya. Hijauan yang di berikan memiliki berat 10% dari bobot kambing. Jangan lupa untuk memberi minum sebanyak 1,5 – 2,5 liter tiap ternak per hari, dengan campuran garam beryodium.

4. Perawatan

Untuk perwatan kandang, anda cukup membersihkan kandang dari kotoran sisa makanan kambing. Pembersihan kandang minimal dilakukan seminggu sekali.
Sedangkan untuk kambing, anda harus mejaga pola makan kambing.
Jangan beri makan terus menerus, karena hanya akan membuat kambing buncit tidak gemuk. Serta jangan lupa untuk memandikan kambing, agar selalu bersih dan terhindar dari berbagai penyakit.

5. Masa Panen Dalam Budidaya Kambing Etawa Senduro

Pemanenan terbagi dalam dua jenis yakni kambing pedaging dan perah. Jika anda ingin memasarkan kambing pedaging untuk kebutuhan masyarakat dan pedagang tongseng atau lainnya, maka anda dapat menjualnya saat kambing  berumur antara 8-12 bulan.
Sedangkan anda ingin menjual bobot kambing yang maksimal atau untuk di ikutkan kontes lomba, maka umur 1,5 tahun adalah yang paling ideal.
Untuk harga jual anak kambing etawa betina berumur 6 bulan berkisar Rp.1,5 – 2 juta tiap ekor, dan pejantan yang sudah siap kawin dengan tinggi 90 cm ke atas harganya Rp.4 – 6 juta tiap ekor. Sedangkan yang dewasa dapat mencapai 4,5 juta, bahkan lebih (tergantung daerah).

Itulah cara budidaya kambing etawa kaligesing yang dapat saya sampaikan. Semoga dapat menambah ilmu dan wawasan anda. Sampai jumpa di artikel lain.
Semoga Berhasil