cara membuat pentol

Cara membuat pentol cemilan untuk keluarga dirumah

Makanan di luar rumah tentunya menjadi hal yang sangat dirindukan selama pandemi virus corona. Ingin sekali mencicipi gorengan, bakpao, ciloko atau kuali, namun ruangan ini memaksa Anda untuk waspada saat makan di luar. Tapi ibu juga bisa menyiapkan makanan ringan ini di rumah, dengan memperhatikan pola makan dan gizi.

Resep yang satu ini cukup sederhana, mengandung bahan-bahan yang praktis dan pastinya akan menghemat kantong Anda. Kanji pentol bisa menjadi menu cemilan keluarga di rumah. Ibu bisa menggunakan kanji dan beberapa bahan di lemari es lalu berkreasi sesukanya.

Meski bentuknya mirip dengan bakso, dan cara membuatnya sama dengan cara membuat bakso ayam tetapi bahan semurannya berbeda. Tepung tapioka juga digunakan dalam pembuatan kuah ayam ini sehingga membuat masakan menjadi lebih kenyal. Sering dijadikan cemilan, tentu bawang merah ini mudah ditemukan.

Terlepas dari itu, tidak ada yang mengalahkan kenikmatan makan masakan rumahan, bukan? Jadi cobalah sesekali membuat pai ayam dan sajikan sebagai camilan keluarga.Anda tidak perlu khawatir jika tertarik untuk membuat chicken pot pie, meskipun belum pernah membuat resep ini sebelumnya. Cara membuat kuah pentol untuk cemilan bisa Anda ikuti pada ulasan kali ini.

-Bahan-bahan dalam pembuatan pentol

  1. 200 gram ayam tanpa tulang
  2. 200 gram tepung tapioka atau kanji
  3. 1 butir telur 2 siung bawang putih kupas
  4. 1 sendok makan bawang merah goreng
  5. 1/4 sendok teh garam halus
  6. 1/4 sendok paprika bubuk
  7. 50 ml air es
  8. 1 sendok teh kecap manis

-Langkah-langkah dalam pembuatan pentol

  1. Siapkan semua bahan yang akan digunakan untuk membuat semur ayam. Setelah itu siapkan kapak dan pecahkan telur. Tambahkan bawang putih kupas dan bawang merah goreng.
  2. Lalu masukkan juga ayam tanpa tulang. Kemudian tambahkan garam halus, bumbu halus, daging giling, baking powder, sttp dan merica bubuk.
  3. Kemudian tuangkan 25 ml air es ke dalam auger. Proses hingga semua bahan benar-benar halus.
  4. Setelah halus tuang kecap manis. Dengan demikian, warna pot tidak akan terlalu cerah.
  5. Setelah itu masukkan setengah bagian tepung tapioka ke dalam food processor agar mudah tercampur dengan bahan sebelumnya.
  6. Setelah tercampur rata, tambahkan sisa tepung tapioka dan air es kembali ke bekicot dan proses hingga semua bahan benar-benar halus dan tercampur rata.
  7. Setelah semua bahan tercampur rata, siapkan wadah lain yang cukup besar. Kemudian pindahkan campuran panci ayam ke wadah. Siapkan juga panci dan rebus air. Matikan api saat air mendidih.
  8. Mulailah membentuk loyang dengan tangan dan sendok. Pastikan tangan Anda bersih sebelum memegang adonan. Mengambil cerita