Perkaya Citarasa Masakanmu dengan Olahan Tanaman Cengkeh

tanaman cengkeh
tanaman cengkeh

Pada kesempatan kali ini penulis akan mengajak pembaca untuk lebih mengenal salah satu komoditi yang menjadi primadona dalam dunia pertanian Indonesia, ya betul tanaman cengkeh. Yuk kita kulik lebih jauh cara pengolahan cengkeh agar dapat menjadi pelengkap dapur kita!

 

Mengenal Tanaman Cengkeh

Tanaman cengkeh atau Syzigium aromaticum merupakan tanaman khas Indonesia. Selain untuk bumbu dapur cengkeh juga merupakan salah satu bahan baku pokok industri rokok di indonesia, sehingga tanaman dalam jenis rempah ini memilliki harga yang cukup tinggi pada kelasnya.

Tanaman cengkeh merupakan tanaman yang tumbuh dengan skala tahunan, tingginya mencapai 10 hingga 20 meter. Daunnya memiliki bentuk lonjong dengan bunga pada pucuknya.

Pada mulanya tangkai buahnya berwarna hijau, dan kemudian menjadi merah ketika bunga mekar. Biasanya cengkeh yang siap panen ukurannya mencapai 1,5 sampai dengan 2 sentimeter.

 

Cara Menanam Tanaman Cengkeh

  • Cengkeh dapat tumbuh dengan baik pada 300 sampai 600 meter diatas permukaan laut.
  • Suhu yang diperlukan 22 hingga 30 derajat celcius.
  • Tanaman ini juga membutuhkan curah hujan sekitar 1500 sampai dengan 4500 milimeter pertahunnya.
  • Cengkeh membutuhkan tanah yang gembur dan tidak mudah kehilangan air. Jarak tanam perpohonnya sekitar 8 kali 8 M.
  • Sebaiknya tanah yang digunakan juga dicangkul 2 kali dalam setahun, yaitu saat sebelum dilakukannya penanaman dan setelah tanaman dewasa, lakukan hingga tanaman memasuki tahun keempat. Hal ini untuk mencegah tumbuhnya gulma disekitar tanaman.
  • Rutin berikan pupuk yang mengandung nitogen, phosphor dan kalium selama 2 tahun pertama, dalam tentang waktu 4 bulan sekali.
  • Lakukan penyiraman secara rutin sebanyak 2 sampai 3 kali dalam sehari.
tanaman cengkeh
tanaman cengkeh
  • Cengkeh siap panen sebelum bunga mekar dan mengelurkan benang sari, ketika bunga sudah berganti warna dari hijau menjadi merah muda dan berganti menjadi kuning kemeramudaan.
  • Penenlah menggunakan tangan, agar tidak merusak tanaman dan pastikan tangan bersih untuk menjaga kualitas cengkeh.
  • Kemudian pisahkan bunga cengkih dari batang yang telah dipetik, kebersihan tangan juga perlu diperhatikan pada proses ini.

Sebagai alternatif lain dalam memisahkan bunga cengkeh dari batangnya, anda dapat menggunakan mesin perontok bunga cengkeh. Alat ini dapat merontokkan bunga cengkeh dari batangnya, sehingga lebih menghemat waktu dan tenaga dalam pengolahan cengkeh.

 

Cara mengolah tanaman cengkeh agar siap digunakan

Berdasarkan materi perkuliahan mahasiswa IPB terdapat dua tahap dalam pengolahan tanaman cengkeh yang layak panen, yakni pengeringan dan pembersihan, berikut uraiannya:

  1. Pengeringan

Pisahkan bunga cengkeh dari tangkainya, menggunakan tangan. Lalu segera keringkan agar tidak terjadi fermentasi dengan menjemur diatas tikar atau dapat juga menggunakan rak. Penjemuran lebih baik jika menggunakan rak, supaya mendapatkan keseragaman warna dan kadar air.

tanaman cengkeh
tanaman cengkeh

Jemur cengkeh dalam waktu 4 sampai 5 hari. Biasanya pada akhir penjemuran kadar air pada cengkeh hanya 8 sampai 10 persen dan warnanya coklat kemerahan. Jika pengeringan tidak berjalan baik cengkeh yang dihasilkan akan berwarna coklat pucat.

Untuk mempersingkat proses pengeringan bunga cengkeh, terdapat alternatif lain yaitu dengan menggunakan mesin pengering cengkeh.

Mengeringkan cengkeh dengan mesin pengering cengkeh lebih menghemat waktu dan mengurangi resiko rusaknya kualitas cengkeh, karena penggunannya dapat diatur sesuai dengan kebutuhan.

 

  1. Pembersihan

    Cara membersihkan cengkeh yang telah kering adalah dengan menempatkan cengkeh pada keranjang dan menghembuskan kipas angin kearahnya. Ini bertujuan agar debu dan kotoran halus yang menempel pada cengkeh hilang terbawa angin.

    Selain itu pembersihan juga dapat dilakukan dengan cara menjatuhkan cengkeh dari tempat yang tinggi dan terbuka. Sehingga pada saat cengkeh dijatuhkan hembusan angin alami dapat membuat debu dan kotoran halus lainnya terbang.

  2. Penghalusan

    Penghalusan dilakukan dengan cara menyangrai cengkeh yang telah bersih terlebih dahulu. Lalu kemudian sisihkan sebelum gosong, baru setelahnya dihaluskan dengan cara ditumbuk atau diblender. Namun lebih praktis jika anda dapat menggunakan mesin giling cengkeh, hasil yang didapat juga lebih maksimal.

 

 

Jika tahap pengolahan diatas sudah dilakukan dengan baik maka cengkeh siap digunakan sebagai rempah untuk memperkaya cita rasa pada masakan anda. Sebenarnya baik bunga ataupun daun cengkeh dapat diolah menjadi hal bermanfaat lainnya.

Oleh karena itu simak artikel penulis selanjutnya tentang pemanfaatan cengkeh dan juga daun cengkeh. Selamat mencoba.

About Alvi 79 Articles
Find a way to live forever. A peaceful storyteller. Story makes us alive.