Jajanan Pasar yang Tidak Mudah Basi

Jajanan Pasar yang Tidak Mudah Basi Apabila Disimpan Lama

Jajanan pasar merupakan jenis jajanan tradisional yang paling banyak digemari orang-orang dan jajanan pasar pun mudah sekali didapatkan. Biasanya akan kita ditemui di setiap acara, seperti acara kumpul keluarga, syukuran ataupun arisan. Kebanyakan masyarakat cenderung memilih jenis jajanan pasar yang tidak mudah basi dan tahan lama. Mereka memilih jajanan pasar yang tahan lama karena lebih menguntungkan, dapat disajikan sepanjang hari tanpa khawatir basi.

 

1. Gethuk Merupakan Jajanan Pasar yang Tidak Mudah Basi 

Gethuk adalah jajanan tradisional yang berbahan dasar dari singkong kukus yang dihaluskan dengan cara ditumbuk. Adonan gethuk yang telah ditumbuk akan diberi warna dengan pewarna makanan agar terlihat menarik. Jajanan ini mempunyai beberapa jenis, diantaranya adalah gethuk trio, gethuk gulung, dan gethuk lindri. Biasanya gethuk akan disajikan dengan taburan parutan kelapa yang telah dicampur dengan gula pasir. Makanan ini merupakan salah satu jajanan pasar yang tidak mudah basi dan tahan satu hari dalam suhu ruang dan 2 hari dalam lemari es.

2. Jajanan Pasar yang Tidak Mudah Basi Kali Ini Onde-onde

Onde-onde juga merupakan salah satu jajanan pasar yang terbilang tahan lama. Jajanan ini mampu bertahan hingga 2 hari jika disimpan di dalam lemari es. Makanan ini terbuat dari tepung ketan yang diisi dengan berbagai rasa. Biasanya isiannya adalah adonan kacang ijo dan kemudian dibentuk bulat serta akan ditaburi dengan biji wijen. 

3. Jajanan Pasar yang Tidak Mudah Basi Salah Satunya adalah Lapis Legit

Jajanan ini adalah sejenis kue basah dengan rasa yang manis dan legit. Kue lapis legit ini memiliki tekstur yang sama seperti kue bolu. Lapis legit juga merupakan salah satu jajanan pasar yang tidak mudah basi dan tahan lama. Biasanya bisa bertahan hingga 10 hari pada suhu ruang, bahkan bisa tahan hingga 3 bulan di dalam lemari es.

4. Pastel adalah Salah Satu Jajanan Pasar yang Tidak Mudah Basi 

Jajanan pasar kali ini biasanya menjadi teman bagi jajanan lemper di dalam kotak makanan di pasar. Pastel merupakan salah satu jajanan pasar yang bisa bertahan lama dan tidak mudah basi. Terdiri dari lapisan tepung yang akan diisi dengan sayuran ataupun daging ayam dan dimasak dengan cara digoreng dalam minyak panas.

Saat ini pastel semakin bervariatif, tidak hanya sayuran yang sebagai isiannya. Isian pastel sekarang juga dikombinasikan dengan bihun, telur rebus, bahkan saus mayonaise. Rasanya sangat lezat jika dinikmati bersama dengan cabe rawit yang pedas. Pastel yang belum dimasak dapat disimpan di lemari pendingin dalam waktu 1 minggu dan Anda bisa menggorengnya saat ingin memakannya.

5. Misro Salah Satu Jajanan Pasar yang Tidak Mudah Basi 

Jajanan pasar yang tidak mudah basi dan tahan lama selanjutnya adalah misro. Kata misro sendiri sebenarnya merupakan kependekan dari ‘amis di jero’ yang merupakan bahasa Sunda dengan arti manis di dalam. Dan amis sendiri dalam bahasa Sunda memiliki arti yaitu manis. Makanan ini terbuat dari singkong yang diparut dan diisi dengan gula merah yang diiris halus. Memasak misro yaitu dengan cara digoreng renyah dan paling nikmat disajikan saat masih dalam kondisi hangat.

6. Jajanan Pasar yang Tidak Mudah Basi Selanjutnya adalah Combro

Combro juga merupakan jajanan gorengan khas Sunda. Terbuat dari parutan singkong yang kemudian dibentuk bulat atau lonjong. Isian dari jajanan ini adalah sambal oncom dan cara memasaknya juga digoreng. Berbeda dengan misro yang dominan dnegan rasa manis, combro memiliki rasa asin yang berasal dari isiannya, yaitu oncom. Ada juga yang berpendapat bahwa combro adalah bentuk adaptasi dari makanan khas Belanda, yaitu bitterballen.

7. Kue Cucur adalah Jajanan Pasar yang Tidak Mudah Basi 

Berikut ini adalah kue cucur, jajanan pasar yang terbuat dari tepung beras dan gula merah. Bentuknya cenderung seperti tatakan, akan tetapi bedanya kue cucur tebal mengembung dibagian tengah dan tipis di pinggirannya. Kue ini diolah dengan cara di goreng, jajanan pasar ini mampu bertahan lama karena tidak menggunakan santan. Dan apabila disimpan di dalam lemari pendingin dapat bertahan lebih dari 2 hari.

8. Jajanan Pasar yang Tidak Mudah Basi yang Terakhir adalah Bikang

Bikang merupakan salah satu jajanan pasar yang sering dijumpai di penjual kue. Di Jawa Tengah, kue bikang ini biasanya disebut dengan coro bikang. Jajanan ini terbuat dari adonan tepung beras yang memiliki berbagai varian warna, seperti merah muda, hijau atau kuning. Kue bikang dibentuk dengan sebuah cetakan atau juga bisa dicetak dengan menggunakan loyang. Rasa dari kue bikang cenderung manis dan gurih.

 

Itulah aneka jajanan pasar yang mudah dibuat yang tidak mudah basi dan tahan lama. Sehingga Anda bisa membeli jajanan tersebut dalam jumlah yang banyak, untuk dihidangkan diacara Anda maupun untuk disimpan di lemari pendingin. Tidak perlu khawatir, jajanan ini tidak akakan basi dan berubah rasanya. Selain tidak mudah basi, beberapa jajanan diatas juga memiliki rasa yang lezat.