cara menyimpan kelapa parut agar awet

Cara Menyimpan Kelapa Parut agar Awet

Cara menyimpan kelapa parut agar awet – Kelapa parut adalah olahan dari isi atau daging kelapa yang telah di parut, di kikis, dan sampai halus. Biasanya kelapa parut selalu menjadi bahan penyedia santan yang akan di buat masakan. Untuk menghasilkan santan, kelapa parut akan di campur dengan air lalu di peras menggunakan tangan ataupun menggunakan mesin. Saat memeras bisa di lakukan berulang ulang untuk menghasilkan santan. Keberadaan kelapa parut selalu di butuhkan oleh kalangan masyarakat.

Di Indonesia, saat ini kelapa parut sudah menjadi bahan pokok untuk membuat masakan terutama masakan tradisional tak heran jika sekarang banyak sekali kemasan kelapa parut siap peras atau ada juga santan siap pakai yang tersebar di pasaran. Kelapa parut juga bisa di buat menjadi usaha abon lele yang sekarang sedang ngetren.

Namun kelapa parut sendiri memiliki batas pemakaian atau batas kadaluwarsa yang harus di perhatikan. Biasanya kelapa parut bisa bertahan hingga 6 bulan jika di simpan dengan baik dan benar, serta kualitas dari kelapa juga mempengaruhi masa ketahanan kelapa parut.

Berikut ulasan cara menyimpan kelapa parut agar awet yang harus Anda perhatikan.

 

Cara Menyimpan Kelapa Parut agar Awet

 

 

1. Disimpan dalam Keadaan Sudah di Parut

Cara yang pertama yaitu kelapa yang sudah diparut di masukkan ke dalam kulkas, jika perlu tambahkan sedikit garam lalu dicampur dan dimasukkan ke dalam wadah. Dengan cara ini kelapa parut bisa awet kurang lebih 3 bulan.

2. Simpan dalam Kulkas Keadaan Rapat

Kelapa yang akan disimpan di dalam kulkas sebaiknya dibungkus dalam kondisi rapat, pembungkusan nya bisa menggunakan wadah yang ada tutupnya biar aman. Tujuan dibungkus rapat yaitu supaya kelapa tidak mengering dan keras. Biasa nya dengan cara ini bisa awet hingga berbulan bulan.

3. Santan Beku

Langkah selanjutnya yaitu dengan membekukan santan kelapa di dalam freezer kulkas. Caranya yaitu dengan memasukkan santan ke dalam wadah atau plastik dan tutup dengan rapat, lalu masukkan ke dalam freezer kulkas. Dengan menggunakan cara ini bisa awet kurang lebih satu bulan.

4. Keringkan

Cara yang satu ini membutuhkan suatu alat, Anda perlu menggunakan dehidrator untuk mengeringkan kelapa parut agar awet dan tidak mudah basi. Setelah kering Anda bisa menyimpannya ke dalam wadah yang kedap udara.

5. Kukus

Maksud dari kukus yaitu mengukus kelapa parut sebelum dijadikan olahan makanan, cara ini sangat cocok jika Anda belum mempunyai kulkas. Biasanya cara ini digunakan untuk menyimpan kelapa parut yang masih muda dan untuk taburan makanan tradisional seperti klepon, ongol ongol, wingko babat, botok,urap urap dan lain sebagainya.
Pertama tama kelapa parut dicampur dengan sedikit garam, setelah itu kukus dengan api kecil sampai matang. Cukup mudah kan. Cara ini bisa menghindari kelapa parut dari bau tengik maupun cepat basi. Untuk penyimpanannya yaitu cukup mudah juga Anda bisa menyimpan kelapa parut di suhu ruang dan dipakai saat itu pun juga bisa.

6. Segera Bagi Bagi Parutan Kelapa ke Dalam Jumlah Tertentu

Maksud dari membagi parutan kelapa disini yaitu dijadikan beberapa porsi yang sama besar dan sesuai selera, saat membagi Anda perlu menggunakan tangan bersih supaya higienis. Tujuannya yaitu supaya memudahkan Anda seberapa banyak yang Anda butuhkan untuk memasak suatu hari nanti. Dengan membagi bagi menjadi beberapa bagian bisa meminimalisir rusaknya kualitas dadi parutan kelapa. Cara cara ini bisa mencegah kelapa parut agar tidak basi.

7. Direndam ke dalam Air

Cara yang ini terbilang sangat mudah dilakukan, dengan menggunakan wadah untuk menaruh air dan kelapa direndam dalam air tersebut bisa menjadi awet. Dengan catatan air yang digunakan air bersih dan selalu diganti setiap hari.

8. Santan Matang

Cara yang terakhir yaitu santan matang, langkahnya yaitu sebelum di simpan santan di didihkan terlebih dahulu dan diamkan sampai dingin. Jika sudah dingin santan bisa dimasukkan ke dalam kulkas menggunakan botol atau plastik yang tertutup. Dengan cara ini santan bisa awet hingga 4 bulan di dalam kulkas.

9. Segera Gunakan

Cara yang terakhir yaitu Anda bisa langsung menggunakan kelapa parut untuk di olah, dengan begini santan yang di hasilkan bisa lebih segar karena langsung tanpa menyimpannya terlebih dahulu.

 

Sekian ulasan tentang cara menyimpan kelapa parut agar tidak basi, semoga bisa menambah wawasan Anda dan bermanfaat.