Cara membuat bawang goreng tepung maizena

Cara Membuat Bawang Goreng Tepung Maizena agar Bisa Dijual

Cara membuat bawang goreng tepung maizena, Bawang goreng yang dibuat menggunakan tepung maizena rasanya lebih garing dan renyah. Fungsi tepung maizena adalah sebagai pengikat bawang agar terasa lebih gurih dan bertepung. Tepung maizena sendiri terbuat dari sari pati jagung yang mengendap sehingga menghasilkan tepung yang biasa disebut maizena corn starch. Tak hanya berfungsi sebagai perenyah bawang, maizena juga sering digunakan sebagai bahan pengental makanan seperti kuah pada kwetiau siram.

Cara Membuat Bawang Goreng Tepung Maizena

Bawang goreng menjadi renyah jika ditambahkan dengan tepung maizena, selain renyah bawang goreng juga tahan lama saat akan dijual. Berikut cara membuat bawang goreng tepung maizena:

1. Cara Membuat Bawang Goreng Pakai Tepung Maizena

Bahan-bahan :

  • Bawang merah
  • Tepung maizena
  • Garam
  • Air
  • Minyak goreng

Cara Membuatnya :

  1. Siapkan bawang merah yang sudah dikupas dan telah dicuci bersih.
  2. Kemudian potong bawang tipis sampai semua bawang habis.
  3. Rendam bawang di air yang sudah diberi garam.
  4. Setelah direndam, bawang kemudian ditiriskan dan dikeringkan.
  5. Taburi tepung maizena di bawang merah yang sudah kering.
  6. Panaskan minyak dan goreng bawang merah sampai warnanya kecoklatan.
  7. Aduk-aduk agar bawang tidak menempel satu sama lain.
  8. Setelah sekiranya matang kemudian diangkat dan tiriskan.
  9. Dinginkan dan bisa dikemas.

2. Kemasan Bawang Goreng Tepung Maizena

Kamu dapat memilih kemasan yang baik untuk bawang goreng yang kamu buat agar para konsumen tertarik untuk membeli produk bawang gorengmu. Ini dia saran kemasan yang dapat kamu pakai :

1. Kemasan Plastik Tebal

Kamu dapat menggunakan kemasan plastik yang tebal untuk membungkus bawang gorengmu. Plastik yang tebal dapat melindungi bawang goreng yang kamu buat dari kebocoran dan udara kotor masuk. Kamu bisa menggunakan kemasan ini untuk dijual eceran Rp 2.000 sampai Rp 4.000 saja. Bawang goreng yang dikemas pakai plastik ini biasanya ditemukan diwarung-warung atau toko bahan makanan.

2. Kertas Plastik Ziplock

Kemasan yang satu ini biasanya digunakan untuk mengemas makanan kering seperti bawang goreng atau keripik. Kemasan ini juga bisa melindungi bawang gorengmu dari bakteri. Selain itu, bentuknya yang minimalis dapat menjadikan bawang gorengmu estetik. Harga kemasan ini berkisar antara Rp 5.000 1 pcs atau kamu juga dapat membeli grosir karena biasanya lebih murah.

3. Toples Plastik Transparan

Toples plastik sangat sering dijadikan kemasan untuk membungkus bawang goreng, karena bentuknya yang minimalis dan dapat dijumpai dimana-mana. Bawang goreng dengan kemasan seperti ini dapat kamu jumpai diberbagai toko, mulai dari minimarket, toko online, pasar, bahkan supermarket. Harga kemasan ini berkisar antara Rp 5.000 sampai Rp 9.000 persatuan tergantung ukuran yang kamu cari.

3.Target Pasar dan Promosi

Agar bawang goreng yang dijual laku, kamu juga harus memikirkan target pasar dan teknik marketing yang bisa kamu gunakan. Karena dengan strategi penjualan tersebut bawang goreng kamu akan cepat terjual. Berikut ini penjelasan yang dapat kamu pahami:

1. Pengusaha Kuliner, Restoran, dan Hotel

Untuk mencapai target pasar, kamu bisa menjual bawang goreng di ketiga tempat tersebut atau salah satu saja. Bawang goreng dapat dijual berdasarkan permintaan pembeli. Salah satu keuntungan juga menjual bawang gorng di beberapa tempat tersebut karena dapat memiliki pelanggan tetap dan permintaan bawang goreng pasti berjumlah besar. Tetapi kamu juga harus memenuhi persyaratan yaitu bawang goreng harus higienis, berkualitas, dan yang pasti tahan lama.

2. Sosial Media

Dijaman serba modern ini kamu dapat menjual atau mempromosikan apapun disosial media, seperti berjualan makanan, pakaian, sampai kebutuhan sehari hari. Kamu bisa menggunakan platform sosial media seperti Instagram, Tiktok, Facebook, dan lain-lain. Banyaknya orang yang memakai sosial media membuat kamu lebih mudah mendapatkan pembeli. Sekarang ini juga orang orang malas untuk keluar rumah jadi hanya tinggal menekan tombol kamu bisa membeli apapun dan pasti harganya juga lebih terjangkau dengan adanya diskon.

3. Mengikuti Pameran Kuliner atau Bazar

Promosi yang satu ini cocok untuk kamu yang ingin menjual produkmu secara langsung atau offline. Kamu juga dapat berintraksi dengan pelanggan sehigga kamu tau seperti apa kriteria pembeli. Kamu juga bisa menambahkan website atau contact person sebagai sarana kritik dan saran dari pembeli agar lebih mudah lagi untuk mengetahui karakter pembeli. Suatu keuntungan juga bila produk yang kamu jual laku keras dengan berjualan offline.

Nah itu tadi adalah penjelasan tentang cara membuat bawang goreng tepung maizena. Kamu juga bisa membuat bawang goreng menggunakan tepung terigu yang dapat kamu lihat disini.

Sekian artikel diatas semoga membantu dan terimakasih.