Cara agar bawang goreng tidak berminyak

Cara Agar Bawang Goreng Tidak Berminyak Saat Dikonsumsi

Cara agar bawang goreng tidak berminyak dapat dilakukan dengan mesin atau manual seperti membiarkan minyaknya tertiris. Memakai cara manual dapat membuang banyak waktu hanya untuk meniriskan minyaknya saja, cara ini pula kurang efektif untuk meniriskan minyak secara maksimal. Beda halnya jika menirikan dan menggorengnya menggunakan mesin, cara tersebut bisa dibilang ampuh untuk membuat bawang goreng tidak berminyak. Karena tenaga dari mesin tidak perlu dihiraukan lagi, mesin mampu meniriskan minyak sampai bawang goreng terasa lebih kering seperti digoreng menggunakan mesin. Berikut penjelasan tentang caea agar bawang goreng tidak berminyak.

Cara Agar Bawang Goreng Tidak Beminyak

Cara-cara dibawah ini dapat kamu lakukan agar bawang goreng yang kamu buat tidak berminyak dan dapat dikonsumsi dengan aman. Berikut adalah cara-caranya:

1. Cara Membuat Bawang Goreng Agar Tidak Berminyak

Untuk cara membuat bawang goreng tidak berminyak kamu dapat menggunakan mesin peniris atau penggoreng. Contoh mesin yang bisa kamu gunakan yaitu spinner peniris minyak.

Bahan-bahan :

  • Bawang merah
  • Garam
  • Air
  • Minyak goreng

Mesin yang digunakan :

  • Spinner (peniris minyak)

Cara Membuatnya :

  1. Bawang merah dikupas dari kulitnya dan dicuci diair mengalir sampai bersih.
  2. Bawang kemudian di potong setipis mungkin agar mudah saat proses penirisan minyaknya.
  3. Beri garam pada bawang yang sudah terpotong tipis tadi.
  4. Remas bawang sampai airnya keluar.
  5. Kemudian bawang dikeringkan menggunakan tisu dapur.
  6. Panaskan minyak dan goreng bawang sembari di aduk agar tidak menempel.
  7. Goreng bawang sampai warnanya kuning kecoklatan atau sampai matang.
  8. Kemudian angkat bawang goreng yang sudah matang.
  9. Masukkan bawang goreng kedalam mesin spinner.
  10. Lalu hidupkan mesin dan biarkan minyak dibawang goreng keluar.
  11. Setelah sekiranya tidak berminyak bawang goreng kemudian dikeluarkan dari mesin.
  12. Bawang goreng siap disajikan.

2. Penyebab Bawang Goreng Berminyak

Terdapat beberapa penyebab bawang goreng yang kamu buat menjadi berminyak. Berikut adalah penyebabnya:

1. Minyak Tidak Panas

Saat kamu menggoreng bawang, pastikan minyak yang kamu panaskan sudah panas merata atau saat kamu adauk minyak terasa lebih cair seperti air. Jika kamu menggoreng bawang memakai minyak yang masih dingin, bawang akan matang lebih lama dan dapat menghabiskan minyak. Apabila minyak yang kamu masak tidak panas juga, kamu dapat memakai api yang sangat besar kemudian jika sudah panas api dapat dikecilkan.

2. Bawang Tidak Teriris Tipis

Saat kamu memotong bawang merah, pastikan ketebalan potongan bawang sama rata dan sama tipis.  Karena saat kamu goreng bawang yang tebalnya berbeda-beda, maka tingkat kematangang yang dihasilkan juga berbeda-beda. Kamu bisa menggunakan mesin pengiris bawang atau alat pemotong bawang rumahan. Mesin dan alat tersebut dapat kamu beli dimana mana seperti toko mesin, toko alat rumah tangga, dan toko online.

3. Terlalu Cepat Dalam Menggoreng

Pada saat proses menggoreng bawang, pastikan bawang yang kamu goreng sudah kering dan matang. Apabila bawang belum matang sudah kamu angkat, bawang goreng menjadi lemek dan berminyak. Agar cepat matang dan kering kamu dapat mengaduk aduk bawang saat proses penggorengan berlangsung. Bawang akan cepat matang dan kering saat kamu mengaduknya terus menerus.

3. Mesin Penggoreng Bawang dan Mesin Peniris Bawang

Kamu dapat meggunakan mesin peniris atau penggoreng bawang, agar bawang yang kamu makan tidak berminyak. Berikut adalah alat dan mesinnya:

1. Spinner (peniris makanan berminyak)

Spinner adalah mesin dengan bentuk tabung dan memiliki kapasitas besar untuk menirskan makanan. Mesin ini dapat meniriskan makanan yang digoreng kering seperti : abon, bawang goreng, keripik, serundeng dan makanan kering lainnya. Selain makanan matang yang digoreng kering mesin ini juga bisa mengeringkan makanan basah seperti : sayur yang baru dicuci, buah buahan, dan masih banyak lagi. Mesin ini bekerja dengan cara memutar tabung didalamnya seperti pengering pakaian dimesin cuci.

2. Air fryer (penggoreng makanan)

Mesin ini berbentuk seperti lemari penyimpan, terdapat bagian seperti rak pada lemari dan memiliki pegangan seperti cangkir. Mesin ini dapat menggoreng makanan apapun, dari makanan beku sampai bawang goreng juga bisa digoreng pakai mesin ini. Cara kerja dari mesin ini seperti oven dan microwave karena memiliki kipas dan tabung pemanas yang dapat memanaskan makanan secara sempurna. Bisa dikatakan juga mesin ini all in one karena bisa dipakai untuk memanggang makanan, menggoreng makanan, bahkan memanaskan makanan.

Nah itu tadi penjelasan tentang cara agar bawang goreng tidak yang sudah kamu baca diatas. Bawang goreng dapat dikonsumsi jika tidak berminyak, karena minyak yang terdapat dari bawang goreng tidak baik untuk kesehatan tubuhmu dan dapat menjadikan lemak yang mengendap ditubuhmu dan menjadi obesitas.

Kamu juga dapat membaca atikel tentang cara menggoreng bawang putih

Sekian penjelasan diatas, semoga dapat menjadi ilmu yang bermanfaat bagi kamu semua. Jika terdapat salah dalam penulisan kata maupun kalimat mohon maaf dan terima kasih.